Anggaran Penjualan
Anggaran penjualan merupakan dasar penyusunan anggaran lainnya dan pada umumnya anggaran penjualan disusun terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya. Oleh karenanya anggaran penjualan disebut juga sebagai anggaran kunci (M. Nafarin).
Berhasil tidaknya suatu perusahaan tergantung pada keberhasilan bagian pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Penjualan merupakan ujung tombak dalam mencapai tujuan perusahaan mencari laba yang maksimal. Karena itu anggaran penjualan disusun lebih dahulu dan merupakan dasar dalam penyusunan anggaran lainnya. Kesalahan dalam penyusunan anggaran penjualan akan mengakibatkan anggaran yang lain juga menjadi salah.
Sebelum disusun anggaran penjualan biasanya dibuat peramalan (forecast) penjualan. Selain peramalan penjualan diperlukan untuk penyusunan anggaran penjualan, tapi perlu juga dipertimbangkan factor-faktor yang dapat berpengaruh terhadap penjualan.
Faktor-faktor tersebut antara lain sebagai berikut: (M. Nafarin)
Faktor pemasaran
Faktor keuangan
Faktor ekonomis
Faktor teknis, dan
Faktor lainnya
Tujuan disusunnya anggaran penjualan adalah untuk merencanakan dengan setepat mungkin tingkat penjualan pada periode yng akan datang, dengan memperhatikan data yang merupakan pencerminan kejadian yang dialami perusahaan di masa yang lalu terutama di bidang penjualan.
Kegunaan anggaran penjualan
Kegunaan secara umum adalah sebagai pedoman kerja, sebagai alat pengkoordinasian kerja dan sebagai alat pengawasan (evaluasi) kerja yang membantu manajer dalam mengelola dan memimpin perusahaan.
Kegunaan secara khusus adalah sebagai dasar untuk menyusun anggaran unit yang diproduksikan, anggaran kas dan anggaran piutang.
Anggaran penjualan disusun dengan menggunakan berbagai pendekatan (approach). Jadi bukannya tanpa pertimbangan sama sekali. Masing-masing cara pendekatan mempunyai konsekuensi yang berbeda-beda, sehingga perlu dipertimbangkan , dan cara pendekatan mana yang paling menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar